Wednesday, November 1, 2017

Gagal Registrasi Sim Card ? Yuk Kupas Tuntas Pertanyaan Pertanyaan yang Banyak Muncul

Terhitung Mulai Tanggal 31 oktober ini semua masyarakat di wajibkan untuk meregitrasikan ulang sim cardnya yang mengacu pada peraturan MENKOMINFO No 12/2016 beserta perubahan nya. Namun pasti akan banyak pro kontra di balik adanya peraturan baru yang di terapkan. apalagi beberapa pedagang yang sudah menyetok banyak sim card ataupun paket data simcard yg biasa di jual di counter counter karena akan ada keterbatasan jumlah simcard yang di registrasikan walaupun di perbolehkan lebih dari 3 simcard per no NIK / KTP tetap saja prosedurnya tidak akan semudah registrasi sebelumnya karena tujuan nya di berlakukan peraturan baru ini memang untuk meminimalisir tindak kejahatan dan penyalahgunaan sim card yg akhir2 ini sangat marak sekali penipuan.


Hingga akhirnya pada tanggal 1 november ini banyak sekali bahasan mengenai pendaftaran ulang simcard mulai dari katanya berita hoax trans 7 lah, mengait ngaitkan dengan unsur sara lah dan segala macamnya. mulai dari group hingga status-status yang di pajang di instant messanger juga di group-group ramai memperbincangkan hal ini, banyak pula pertanyaan pertanyaan yang muncul sampai2 saya pun memang sebelumnya mengajukan pertanyaan pada tgl 30 okt melalui mail mengenai system yang di berlakukan pada tanggal 31 nanti.

CONTOH PESAN HOAX YANG MENG HOAX AN
[31/10 19.23] ‪+62 812-8852-1400‬: [31/10 19:48] ‪+62 812-4336-1666‬: hati2.. ada kecurigaan registrasi kartu prabayar diviralkan untuk kepentingan pilpres 2019. data kita nanti akan dipakai orang aseng untuk memilih.
[31/10 19:49] ‪+62 812-4336-1666‬: logika sederhanaya kalau semua muslim tdk registrasi ulang dan kartu diblokir, maka yg rugi adalah perusahaan penyedia jasa telekomunikasi, dan itu tdk akan terjadi..
[31/10 19:49] ‪+62 812-4336-1666‬: maka hemat sy kita viralkan untuj tdk regist, coba kita pikir secara jernih, buat apa regist nomor ktp dan kk? krn kalau nomor kk di regist maka semua anggota keluarga akan terdeteksi. dan muncul semua no.ktpnya.
[31/10 19:49] ‪+62 812-4336-1666‬: Diskusi dari group sebela๐Ÿ‘†
[31/10 19.23] ‪+62 812-8852-1400‬: ini ada share dr pak krida(group TAM jabar)๐Ÿ‘‡
Barusan liputan trans 7 jam 07.05 menit KOMINFO tdk pernah memberikan pernyataan seperti itu ITU HOAXS

DAN DATA YG DIMINTA ITU BISA DISALAHGUNAKAN OLEH ORANG YG TDK BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MELAKUKAN KEJAHATAN PER BANKAN

KARENA KUNCI
ADMIN KITA DI BANK ADALAH
NIK. DAN NAMA IBU KANDUNG

TOLONG SHARE INI KE TEMAN2.

AKOH SAKSI HIDUP YG MENONTON LIPUTAN TRANS 7 JAM 19.05

SEKALI LG BERITA itu HOAXS

Sudah Di Bahas di sini https://kask.us/itl1T 
adapun beberapa pertanyaan yang saya lontarkan juga beberapa pertanyaan dari temen-temen yang sempet saya himpun kurang lebih spt ini :

- TANYA : Kalau di Daftarkan 1 Simcard untuk satu NO NIK/KTP dan KK lantas bagaimana kartu kedua bahkan ketiga saya.
- JAWAB : Boleh mendaftarkan 1 sampai 3 Simcard dengan no KTP dan KK yang sama, jika lebih dari tiga simcard maka di persilahkan datang ke gerai-gerai milik penyelenggara jasa telekomunikasi atau ke gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi dengan membawa persyaratan untuk melakukan registrasi.
- TANYA : Bagaimana Jika Adik saya belum memiliki KTP ?
- JAWAB : Bisa menggunakan NO NIK yang ada pada KK di sertai nomor KK, karena pada nyatanya NO NIK Sama Dengan No KTP


- TANYA : Saya udah Daftar Tapi Jawabannya Gangguan Terus dan di suruh menghubungi Call center ( Studi kasus sim card simpati )
- JAWAB : Berikut ini ada lah contoh format yg benar dan beberapa contoh kesahalan.

FORMAT YANG SALAH (SIMPATI)


FORMAT YANG SALAH (INDOSAT)
 

FORMAT YANG BENAR / NOTICE SUKSES TERDAFTAR AKAN MUNCUL PESAN SPT DI GAMBAR





Pada kebanyakan kasus dari beberapa notice tersebut bahwa beberapa kegagalan terjadi dari format penulisan karena ada beberapa perbedaan dari cara registrasi ulang simcard, berikut ini contoh Format pendaftaran dari penyedia jasa layanan telekomunikasi


Pelanggan Lama : Tata cara registrasi ulang via SMS bagi pelanggan lama dengan format sebagai berikut:
  1. Indosat, Smartfren, dan Tri Ketik SMS: ULANG#NIK#NomorKK# = Contoh: ULANG#1234567891011134#5566778899110022. Lalu SMS kirim ke nomor 44442. 
  2. XL Axiata = ULANG#NIK#NomorKK
  3. Telkomsel & Simpati = ULANG(spasi)NIK#NomorKK#
Selanjutnya kirim SMS ke nomor 4444

Registrasi bagi Pelanggan Baru : Format registrasi via SMS bagi pengguna yang membeli kartu SIM perdana adalah sebagai berikut :
  1. Indosat, Smartfren, Tri = NIK#NomorKK#
  2. XL Axiata = Daftar#NIK#Nomor KK
  3. Telkomsel & Simpati = Reg(spasi)NIK#NomorKK
Jika sudah mengetik format di atas, kirim SMS kamu ke nomor 4444

WASPADA DALAM FORMAT PENULISAN JANGAN SAMPAI SALAH YA 


Tanya : Lalu Bagaimana kalau Tidak registrasi Hingga Batas Akhir ( 28 Feb 2018) ?
Jawab : 
  • Untuk calon pelanggan Baru , kartu tidak dapat aktif.
  • Untuk pelanggan lama, akan dilakukan pemblokiran secara bertahap.
  • Pemblokiran layanan panggilan keluar (outgoing call) dan layanan pesan singkat keluar (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalendar sejak tanggal pemberitahuan diberlakukan ketentuan registrasi ulang.oleh penyelenggara jasa telekomunikasi.
  • Pemblokiran layanan panggilan masuk (incoming call) dan layanan pesan singkat masuk (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin a.
  • Pemblokiran layanan internet jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin b.
Masih Gagal Juga  ? Berikut ini Quote yang di ambil dari Kominfo

Plt Kabiro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Noor Iza dalam penjelasannya mengatakan, meskipun aturan registrasi kartu prabayar berlaku per 31 Oktober, pengguna sudah bisa melakukan registrasi ulang mulai sekarang. Pantauan di media sosial, Senin (23/10/2017), tidak semua pengguna yang melakukan registrasi kartu prabayar berhasil. Sebagian dari mereka mengalami kegagalan. Apa penyebabnya? Noor Iza menjelaskan, ada beberapa penyebab kegagalan dalam registrasi kartu prabayar. "Pertama, saat registrasi nomor NIK dan nomor KK harus dipastikan sesuai dengan yang ada di KTP dan KK," kata Noor Iza. Dia mengatakan, jika saat nomor NIK dan nomor KK belum tervalidasi, bisa jadi data pengguna belum ada di database Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.

"Kalau data kependudukan belum ada di database Dukcapil memang masih invalid. Registrasi bisa diulang hingga lima kali, kalau sampai lima kali gagal, operator akan mengirimkan pemberitahuan ke pengguna," tuturnya. SMS yang dikirim oleh operator berisi pernyataan nomor NIK dan nomor KK pengguna memang sudah benar. Selanjutnya, pengguna memberi balasan konfirmasi ia setuju mendaftarkan nomornya sesuai data NIK dan nomor KK yang diberikan. Dengan demikian, kata Noor, pengguna akan bertanggung jawab secara hukum terhadap data yang diberikannya. Nomor telepon pengguna pun akan diaktifkan. Sumber: https://kominfo.go.id/content/detail/11154/gagal-registrasi-kartu-sim-ini-solusinya/0/sorotan_media

Sumber : Sumber Sumber 2


Artikel Terkait

3 comments


EmoticonEmoticon