Tuesday, June 25, 2019

Belajar HTML Dasar Part I



Pengetahuan Dasar HTML

 

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup language, Bahasa markah yang di gunakan untuk membuat halaman web dan menampilkan berbagai informasi dari halaman web tersebut. html di buat oleh Caillau TIM bersama Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (Conseil Europeene Pour La Recherche Nuclaire) lembaga penelitian fisika energi tinggi di jenewa.

Dengan adanya HTML kita bisa memastikan baik multimedia berbentuk gambar ataupun suara dan juga text bisa tampil di browser yang menyatu dengan elemen-elemen HTML tersebut. Standard HTML sendiri diciptakan oleh World Word web Consortium sejak Tahun 1997. 

Seiring perkembangannya sendiri HTML sudah banyak pembaharuan hingga sekarang yaitu HTML5, beberapa perubahan ini tidak terlepas dari pembaharuan-pembaharuan yang ada pada setiap versi sebelumnya. Satu hal yang konsisten tentang bidang IT adalah update periodik / perubahan merupakan hal yang tak terelakkan. Tidak ada bahasa yang tidak pernah di-upgrade atau memiliki rilis baru. Begitu juga dengan HTML, tidak terkecuali. HTML5 ini dirilis dengan tujuan utama meningkatkan pengalaman ber-internet untuk pengembang dan pengguna seperti Anda. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat terbesar yang dimiliki oleh HTML5 jauh lebih banyak dari pendahulunya, salah satunya adalah memiliki dukungan audio tingkat tinggi dan video yang bukan bagian dari spesifikasi versi di HTML sebelumnya. perbedaan lain antara HTML dan HTML5:

SVG, canvas dan grafis vektor virtual lainnya didukung oleh HTML5, sedangkan di HTML, penggunaan grafis vektor hanya mungkin dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi lain seperti Flash, VML, dan Silver-light, dll

HTML5 menggunakan database SQL web, aplikasi cache untuk penyimpanan sementara, sedangkan, dalam HTML hanya cache browser yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan ini.

Perbedaan lain antara HTML dan HTML5 adalah, versi sebelumnya tidak mengizinkan JavaScript untuk berjalan dalam browser (justru berjalan di thread antarmuka browser) sedangkan yang HTML5 mendukung penuh JavaScript bisa berjalan di background.

HTML5 tidak berbasis pada SGML.

Dalam HTML5, inline MathML dan SVG bisa digunakan dalam teks sedangkan dalam HTML tidak memungkinkan.

Beberapa elemen usang yang kini telah dihapuskan adalah: isindex, noframes, acronym, applet, basefont, dir, font, frame, frameset, big, center, strike, tt.

HTML5 mendukung form control yang baru, misalnya: tanggal dan waktu, email, nomor, range, tel, url, pencarian, dll

Ada banyak elemen baru yang diperkenalkan dalam HTML. Beberapa yang paling penting adalah: summary, time, aside, audio, command, data, datalist, details, embed, wbr, figcaption, figure, footer, header, article, hgroup, bdi, canvas, keygen, mark, meter, nav, output, progress, rp, rt, ruby, section, source, track, video. 

Software Yang Perlu di Siapkan 

 

  • Notepad ++


Notepad ++ merupakan sebuah text editor yang ringan namun mempunyai beragam fitur menarik dalam menulis sebuah kode. tiga fitur utama yang di miliki notepad ++ adalah Syntax Higlighting, Code folding, dan Line numbering yang bisa memudahkan kita menemukan bug atau fix error pada sebuah kode.

  • Browser


Browser adalah software yang di gunakan untuk menampilkan halam web contohnya seperti, Internext Explore, Mozilla, Google Chrome, Opera dan Safari untuk perkembangan sejarahnya bisa langsung klik disini

STRUKTUR HTML

 

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title> Belajar HTML </title>
</head>
<body>
Hallo World
</body>
</html>

<html>..</html> : Merupakan tag permbuka dari dokumen html.
<head>..</head> : Merupakan tag utama bagian teratas html
<title>..</title> : Merupakan tag untuk memberikan judul html.
<body>..</body> : Merupakan tag yang membentuk bagian isi html.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon